[Review] : ~ Akica KR-727S ~

by - Agustus 26, 2019

Halo! Post kali inii didedikasikan kepada hobi barukuu yang tentu saja lebih banyak expensenya HAHAHA tapi bikin diriku senangg yaitu Kamera Analog. Sebenernya udah lama penasaran karena jaman kecil dulu sering ngeliat bokap masuk dan keluarin film dari kamera dan tempat roll kameranya itu yang eye-catching dari dulu tapi masih belum kepikiran untuk beli. Awalnya gw main kamera instax dulu waktu masih SMP perpindahan ke SMA  instan sih tapi jujur bosen hasilnya filmnya gitu ajaa antara flash ataupun dibawah sinar matahari memang awalnya suka bangeet karna bisa liat hasilnya langsung dan rela banget nabung buat beli instax dimana dulu beli instax itu masih dikit suppliernya dan sulit buat beli refill film. Waktu itu beli instax 7s dengan harga yang mahal dibanding sekarang tapi its okai aku bangga bisa beli sendiri pada zaman itu, alasannya kenapa sih pengen banget? dikarenakan dulu masih hype banget sama kpop terus ngeliat 2PM lebih tepatnya pas WGM khuntoriaaa ku langsung makin ngebet beli dikarenakan pada saat itu mereka dikit-dikit foto terus hasilnya gemasss dan ditambah lagi pada zaman itu lagi heboh kalau boyband korea lagi konser mereka suka ambil salah satu instax penonton dan fotolah mereka disana!! Kesampean tidak? Ya engga, waktu itu nonton Music Bank Jakarta udah sengaja ku bawa eeeh ga nyampe tengah padahal udah lari-lari biar puas festival dan terdepan eh yang diambil instax penonton lain, tapi aku tetap happy~~.

Lalu beberapa tahun kemudian tepatnya 2019, gw memutuskan untuk beli kamera analog. Disamping udah penasaran dari dulu ditambah lagi karena lagi-lagi perkorean HAHAHA. Sungguh aku tergampang itu terinfluence bias-biaskuuu. Waktu itu liat mino banyak banget punya kamera analog dan hasilnya bagus-baguss, hasilnya ku liat dari instagram dia dan pas syuting New Journey to the West HEHE lalu P.O ikutan jugaa pas inilah makin ingin belii ditambah lagi analog kembali naik juga di Indonesia seputar peranalogan. Jujur bingung banget awalnya, punya bokap masih ada tapi perlu diservice dan harus dibawa ke Pasar Baru. Karena scorpio keras kepala banget kalo mau sesuatu harus hari itu jugaa jadilah ku memutuskan beli di tokopedia dan langsung gojekin padahal jauh dibekasi HAHAHA. Analog yang gw beli ini Akica hasil dari ngulik sana sini dan kebetulan gw beli new old stock. Jadi barang baru tapi produksi lama gitu, gw mikirnya supaya ga riskan sebagai pemula biar ngemudahin diri gw sendiri karena ya kamera analog pada umumnya secondhand jadi harus paham betul mesin dan lain-lainnya sewaktu-waktu mogok atau batuk makanya gw nyari aman dulu disini. Jadi gw mau tunjukin penampakan kameranya dulu:



Jujur nyari info kamera mana yang baik buat pemula itu susah nguliknya karena rata-rata kamera analog secondhand dan harus pinter-pinter cari minus dan plusnya supaya ga salah beli. Akica sendiri banyak tipenya, untuk ini tipe Akica  KR-727S. Bodynya minimalis banget dan classic. Kamera ini dari plastik jadi super enteng dan juga harus dijaga super-super biar ga jatoh haha. Harus dirawat baik-baik biar ga masuk debu tapi karena gw seloboran anaknya jadi ada sisi-sisi yang udah kemasukan debu dan bikin kotor kameranya:(. Dibawah ini gw kasih unjuk detail button yang ada


Bagian depan kamera.
Tipe kamera yang ini auto flash yang dimana menurut gw sendiri jadi minus kamera ini, dikarenakan hasil flashnya heboh dan jadi ga bisa foto diem-diem. Lalu buat nyalain kameranya kita tinggal pindahin dibagian bawah, ini semacam nyalain instax 7s sih menurut gw karena saat lensanya dibuka ya berarti ini udah nyala ga ada tombol khusus macam kamera digital/slr biasa. 

 Bagian Atas Kamera, dimana buat operator sih hehe. Kamera ini juga bisa self timer tapi gw sendiri blm pernah nyoba sih. Film counternya mirip kok sistem kerjanya kaya instax, ketika dimasukin rollnya langsung berubah ke 1-36(total roll) tapi bedanya mereka ga nunjukin semua angka jadi 1....4...8.. seperti itu mungkin dikarnakan banyaknya total roll dibanding instax yg isinya hanya 10.

Bagian belakang dan bawah kamera.
Saat mau potret sesuatu, lamp dibagain atas harus full ke merah biar bisa ke ambil fotonya. Makanya dikamera ini ga ada pilihan pake flash/engga karena bakal selalu pake flash seperti disclaimer mereka "auto flash". Didalam back cover release buat taro roll filmnya, jujur lupa buat foto bagian dalemnya. 

Kesimpulan gw setelah pake kamera ini dari November 2018 sampai blog ini dibikin HAHAHA. Kamera ini portable banget, enteng, gampang digunakan, cocok buat pemula apalagi kalau kalian pake cuma sekedar buat foto-foto temanmu, batrenya juga gampang cuma pake alkaline yang AA jadi gampang dicarinya. Sedangkan kurangnya adalah ini kamera gede banget sizenya buat ukuran pocket kamera :(, terus flashnya heboh jujur jadi gw ga bisa foto diem-diem dikarenakan flashnya lumayan heboh sering juga ngagetin orang karena disangka geluduk atau petir:( makanya after shooting orang-orang banyak menerka-nerka ada apaan barusan. Jadi kebanyakan kalo shoot foto ini mereka sadar mau difoto dan hasilnya jadi ga terlalu natural seperti yang ku inginkan:(. Udah sih gitu ajaa so far enak kok dipakainya, kalau bingung bisa baca di instruction booknya.

Oh iya mau reminder aja ya, kalau kalian mau ikutan masuk dunia peranalogan ini gampang-gampang susah tergantung kalian sendiri sih haha. gw sendiri belum paham banget tapi berasa aja. Kamera analog itu bisa kalian dapet dari 150-3jtan keatas lumayan murahkan kalo range awalnya segitu? karena waktu beli kamera ini sekitar 150-200rb aja kokk. Tapi ingeet biaya beli roll film, scan serta developnya lumayan mahaal hehe gw jujur ngos-ngosan HAHA. Gw biasanya beli dulu trs kumpulin rollnya tapi jangan lama-lama karena bisa nurunin kualitas film sekalian nabung terus udah kekumpul baru dicucii~. Tapi gw jadi puas dan seneng sendiri pas liat hasilnya walaupun lebih butakan ya kita main foto-foto aja gatau kebakar apa engga filmnya HAHA. kemaren gw dari 3 roll untuk cuma 10 kotak aja yg kebakar dari salah satu film. Rugi sih soalnya itu foto yang gw nanti-nantikaan tapi gpplah dibanding tiap roll ada yg kebakar:( dan gw pribadi masih perlu belajar banyak karena jari gw masih sering masuk kamera HEHE.
Sekian duluu post kali ini semoga membantu (jika ada) yang membaca~ sungguh keliatan dari bacaan aja diriku sangat cerewet HAHAHA.
Wishing we're always healthy and happy~ god bless us!

XOXO
                                                                                                                                                  Sifa❤

You May Also Like

3 komentar

  1. Kak boleh tanya ini beli kameranya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo maaf baru respon aku beli di shopee ya! tinggal search aja tipe kameranya langsung muncul kok~

      Hapus
  2. Kalo yang new old stock carinya dimana ya kak yang terpercaya?

    BalasHapus