[Review] Liptint lokal vs Korea, which one better?

by - Desember 23, 2018

Semenjak hallyu wave korea masuk ke Indonesia selain para oppadeul dan drakor ternyata ngaruh juga keseputar permakeup-an dan skincare. Tingkat pengen tahu orang indonesia itu tinggi, ngeliat girlband korea pada kurus-kurus banget di liatlah cara dietnya lalu diikutin, ngeliat pemeran utama di drama korea pakai poni setelah itu bertebaranlah orang-orang mulai ponian lagi (termasuk saya sendiri jaman SMA HAHAHA), dan ngeliat kok muka-muka mereka pada putih, bersih, tanpa pori-pori cari taulah kita gimana caranya. dan dari kepengen tahuan orang kita inilah yang bikin pasar Korea laku banget di Indonesia *cailah bahasa gw anak ekonomi abis*.

Waktu zaman pertama kali suka korea tuh susah banget kalo mau barang-barang yang berbau korea semacem merchandise idol yang harus di PreOrder selama 3-4 minggu belum delaynya kalo yg jual lewat laut dan kehambat dibagian bea cukai *iya pengalaman iya ngerti, halo kak ody kalo liat ini* lalu kalau makeup atau skincarepun mahal banget rasanya HAHAHA dan ya paling terkenal emang dari dulu sampai sekarang itu masih laneige dan sampai sekarangpun gw masih belum mampu beli full sizenya T.T.

Seiring berjalannya waktu, produk kecantikan Koreapun masuk ke Indonesia karna minatnya yang tinggi seperti Inisfree, Lanegie, Nature Republik dan lain-lain. Melihat tingginya minat kosmetik korea di kalangan indonesia, para brand lokalpun ga mau kalah. dan brand lokal yang pertama kali ngeluarin liptint itu BLP, iya mbak Lizzie. gw sendiri paham sih kenapa dia ngeluarin itu, menurut gw ya karna si mbak Lizzie ini termasuk pengguna skincare maupun kosmetik korea dan mungkin dia jadi mikir "Dari pada capek tiap bulan mesti nyari online belum tentu ori juga, ya mending bikinlah"*pemikiran saya aja* dan pas produk keluar ya BOOM semua orang nyari sampai langka lagi macem waktu dia ngeluarin lipcoat yang endol itu.

Dari itu brand lain mulai pada ngikutin jejak BLP, yaitu Emina lalu diikuti oleh kakaknya Wardah. Pas Emina ngeluarin liptint ini juga pecah ternyata karna harganya lebih affordable dibanding BLP punya tapi ya wajar aja beda size kok dan formula juga. Saya ga beli BLP karna waktu itu masih berpikiran kalo liptintnya bakal kaya produk korea aja jadinya ga ikutan heboh untuk beli produknya BLP dan saya juga belum nemu yang enak dibibir setelah mencoba liptint korea. Akhirnya pas emina ngeluarin liptint, jadinya penasaran mumpung launching pertamanya di jxb ya sekalian aja deh. Waktu beli ya random aja pokoknya yang paling gelap yang mirip vampirenya etude house.

Nah berhubung punya masing-masing dari korea maupun lokal jadinya mau reviewwwww HUEHEUE. Nah jadi ini penampakannya. liptint yang saya punya dari sebelah kiri ada Liptint Delight Tony Moly, Dear Darling Etude House, dan Emina Magic Potion Liptint



Pertama mau bahas packagingnya dulu. Masing-masing punya bentuk yang beda tapi intinya bentuknya sama-sama panjang lurus aja. tapi favorit saya dibanding ke 3 produk ini paling suka packaging etude karna walaupun lurus aja tapi dibagian tutupnya agak begelombang dan unik. Untuk tony moly emang lumayan besar jadi makan tempat dan emina saya juga suka karna petite banget tapi sayangnya jadi gampang keselip dan ilang HUHUHU *karna pernah kejadian*. Tapi ketiganya sama-sama punya kekurangan yang sama, karna produk liptint itu emang secair itu jadi saat ditutup abis pemakaian suka beleber di tangan maupun di produk, suka sedih jadi kebuang sia-sia:(.

Untuk warnanya dan pigmentasi kebetulan ini masing-masing bedaaa banget. Menurut yang saya alami selama make ke tiganya adalah
  • Liptint Tony Moly Delight
Untuk shade #2 warnanya merah cabe gituu saya suka karna warnanya bikin fresh dimuka saya, dan yang saya suka ini tuh warnanya keluar bgt diantara ketiganyaa dan pigmented bangeet lebih tahan lama. Kurangnya dari liptint ini aplikatornya, saya ga terlalu sukaa karna semacem keras gitu? bagi saya begitu, dan tony moly ini harus langsung diblend karna dia begitu kering susah buat diblend. Saat pengambilan liptintpun susah dikontrol karna kadang kebanyakan. Kebetulan pernah review liptonenya tony moly jugaa diblog ini saya pribadi lebih suka liptonenya sih hehe karna lebih bagus ajaa dibanding ini dan packaginya lebih lucu HEHEHEHE

  • Dear Darling Etude House Liptint
Liptint pertama yang saya cobaa, tapi waktu pertamanya nyobanya yg shade vampire ituu, saya suka bangeeet parah warnanya bagus bgtt apalagi kalo buat yang kulitnya fair atau ivory jadi bagus banget dan kebetulan lagi abis dan adanya yang di foto inii. Untuk yang shade vampire warnanya agak keungu wine gitu dan kalo yang difoto ini shadenya agak orange gt, kurang suka karna kalau di saya jadi macem sariawan :( dan dari ke tiganya etude itu yang paling cair banget tapi jadi natural ajaa bagus buat sehari-hari dan ringan dibanding tony moly dan emina.  sayangnya dia paling kering diantara ketiganya bikin bibir jelek banget kalo udah pemakaian lama.

  • Emina 
Waktu pertama kali nyobain, agak wow karna gak nyangka bagus dengan harga yg affordable. Kebetulan beli ini waktu di jxb 2018, dan warna saya beli kebetulan yang paling gelap dan suka bangeeet. Teksturnya bener-bener mirip-mirip liptint korea dan ini liptint everyday saya banget sekarang kalo lagi males pake lipcream karna ringan walaupun ga seringan liptint Etude tapi warnanya lebih keluar dibanding etude setelah pemakaian makanya saya suka. Aplikatornya saya paling suka sih dibanding ke tiganya enak bangeet walaupun pendek. Liptint ini juga gampang ditemuin dimana aja dibanding tony moly dan etude house dan lokal produk


Jadi kesimpulannya semua tergantung kebutuhan masing-masing. kalau saya pribadi kalau disuruh milih lebih suka Emina saat ini karna warnanya cantik, tahan lama, dan kalau pas kering ga terlalu bikin bibir saya kering banget, affordable, dan gampang ditemuin dimana ajaa. Tapi bukan berarti yang lain jelek ya, karna tergantung dibibir masing-masing. semuanya bisa dibeli di online maupun di offline store di Indonesiaa! sekian review dari saya yang kebanyakan basa basinya HAHAHA semoga bermanfaat!



much love,
 XOXO
                                                                                                                                                  Sifa❤

You May Also Like

0 komentar