Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu (Odontektomi)

by - Januari 02, 2018

halo semuanya!

Selamat tahun baru 2018! 

semoga ditahun ini kita semua diberi kepanjangan umur sehat badan bugar, diberikan rezeki yang mengalir seperti air, dipermudahkan segalanya oleh Allah, dan menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya , lebih bersyukur dan menerima :).

diawal tahun ini, aku pengen ceritain pengalaman operasi odontektomi atau operasi pencabutan gigi geraham bungsu yang baru aja aku alamin di seminggu terakhir ditahun 2017. Jadi sebelumnya yang belum tau tentang operasi ini aku pengen kasih tau dulu alasan kenapa operasi ini dilakukan, karna aku kaget juga disekitaran aku kok pada gatau ya pas aku mau operasi gigi ini.

Jadi yang harus kita tau gigi geraham kita tumbuh dalam 3 periode waktu. pertama dimana saat tumbuh gigi pertama, kedua saat umur kita beranjak 10-11 tahun, dan ketiga saat umur 17 tahun keatas. untuk aku sendiri, aku ngerasain tumbuh gigi geraham ini pas umur aku sekitaran 19 tahun kalau ga salah. yang aku alamin sendiri saat tumbuh gigi ini tuh ngilu banget, karena gigi atas dan gigi bawah aku tumbuhnya barengan. pas ini baru tumbuh di bagian kiri, yang bagian kanan belum tumbuh. giginya tumbuh kecil doang pas aku rasain, tapi ngilunya bukan main tapi pas itu aku diemin aja karena aku kira cuma tumbuh gigi biasa.

Nah di pertengahan tahun 2017 ini, bagian kiri ternyata tumbuh barengan juga dan ngilunya makin-makin karena yang kananpun kaya masih tumbuh juga. Dari situ aku langsung ke klinik untuk konsul, sebelumnya pas yang kanan tumbuh dokternya bilang diemin dulu aja dan rontgen tapi karena waktu itu masih sibuk BEM jadi aku tahan-tahan dulu aja dan ngurusin gigi yang lain aja karena ada sakit bagian lain *hadeh keliatan banget ga pernah dirawat tuh gigi*. Pas aku dokter, si dokter nyuruh rontgen gigi dan bilang semua giginya ga ada tempat buat numbuh makanya sakit pas tumbuh.
btw guys ga semua orang ngerasa sakit ya tapi kebanyakan sih ngerasain sakitnya dibanding engga. kalau kalian ga ngerasa sakit berarti rahang kalian masih ada ruang tersedia buat gigi itu tumbuh, dan juga kalau kalian belum ngerasain tumbuh gigi periode ke 3 ini jangka waktunya bisa sampai umur 30an lebih atau ga tumbuh sama sekali itu hal yang bisa terjadi juga. jadi operasi ini tuh terjadi kalau kalian udah ga nyaman sama si gigi geraham yang tumbuh itu dimana rasa sakitnya timbul karena udah ga ada ruang udah tumbuh.

Pas disitu ya aku iya-iyain aja karena ya mending cepet-cepet deh dibanding ga bisa ngapa-ngapain karena gigi ini. semalem sebelum rontgen aku cerita ke kakak yang emang udah pernah operasi juga terus dia kaget pas dibilang cabut semua, karena itu berarti harus nginep dan dibius total. lah disitu saya panik bukan main, ternyata ini operasi serius dan aku juga kepikiran kalo semua gigi dicabut bakal dicover ansuransi semua ga ya HAHAHA, tapi intinya saya pasrah aja  disituasi ini.

besoknya saya rontgen dan ya emang semuanya tuh miring tapi yang bener-bener tumbuh sampai tiduran itu dibagian kanan bawah, saya juga ngerasain kalau ini yang paling ngilu banget karena saya sampai ngunyah makanan cuma bagian kiri aja. beberapa hari setelah rontgen saya baru ketemu dokternya. oh iya kalau urusan ini bukan sama dokter gigi ya tapi sama poli gigi atau dokter bagian bedah mulut. pas disini saya kira cuma dikonsul dulukan,pokoknya perkiran saya udah berpatok sama cerita kakak saya dimana dia dateng konsul dulu baru beberapa hari kemudian dateng dan operasi. Tapi diaku beda!!!!!
pas dateng dokternya cuma ngomong keluhannya apa, trs aku jelasin aja ngilu gigi gerahamnya dan pas diliat akhirnya dia bilang cabut yang kanan bawah dulu yaudah terus dia langsung ngomong "udah siapkan?" LAH panik dong karena jiwa raga belum siap seutuhnya... tapi sidokter tanpa jelasin apa-apa dan efeknya langsung aja mau ngecabut. sebenrnya agak kecewa juga karna aku sebagai orang awam yang ga ngerti terus langsung dilakuin aja tanpa ada penjelasan tapi ya aku iyain aja karena ngerasa ini rumah sakit udah ternama juga dan gigi udah ga bisa kompromi lagi.

Jadi karena cuma satu gigi aja aku ga dibius total, cuma giginya aja dan itu sakit banget pas dibius menurut aku. karena disuntik bagian gusi dan aku dibius dua kali-_-. sisanya ga sakit paling ngilu aja dengerin alat-alatnya yang masih kebayang suaranya gimana HAHA-_-, terus pas selesai langsung dijahit dan minggu depannya harus balik lagi buat lepas jahitannya.
setelah operasi si dokter langsung bilang obatnya harus langsung diminum tapi ga tau ada apa ya-_- data aku ga masuk-masuk dikomputer dia dimana aku harus nunggu dia isi dulu baru dapet obat, saya nunggu sampai satu jam setelah operasi dimana itu udah ngerasa ngilu-ngilu banget. aku rasa disini si dokter ngelayanin pasien lain dulu baru nulis data aku, karena pas saya nanya ke bagian obat dibilang dokternya belum isi. akhirnya setelah 1 jam nunggu aku dapet obat, dan bener aja aku liat pasien setelah saya juga baru keluar disini aku kesel banget.
pas nyampe rumah aku langsung tiduran karena saking sakitnya kaya ditusuk-tusuk. makanya guys langsung minum obat ya kalau dikasih! dan malemnya pipi langsung bengkak kaya benjolan pak setnov, asli dah.

untung aja udah libur jadi aku bener-bener dirumah aja lima hari berturut-turut makan bubur ditempat berbeda sampai-sampai kerjaannya ngerivew bubur yang dibeli mulu wkwkw -_- karena kirain rasa bubur tuh sama aja tapi nyatanya beda guys wkwk-_-. Sampai hari ke 5 bengkaknya ga kempes-kempes, obat juga udah mau habis sisa antibiotik aja, dan akhirnya telepon ke rumah sakitnya lagi karena pas aku search di internet rata-rata 2-3 hari aja bengkaknya udah kempes. Perawatnya juga bingung kayaknya dan dia nyaranin untuk dikompres terus dan makan ice cream.

malemnya aku keluar sekeluarga makan, walaupun gw makan nasi aja ga bisa sebenernya sih "ngeliatin" mereka makan lebih pantes dan makan ice creamkan pakai sendok pula padahal beli cone wkwkwk-_- karena ga bisa buka mulut lebar-lebar. terus pas makan ice cream itulah keajaiban terjadi guys. jadi sebelumnya itu aku ngerasa kaya jaitannya tuh sampai ke pipi-pipi gitu dan bikin kalau buka mulut sakit, terus pas makan ice cream itu..... perlahan-lahan kaya kebuka gitu loh, disini aku merasa kolot banget ga dengerin dokternya. kalau dari kemarin-kemarin makan ice creamkan, liburan ku ga jadi manusia paling mager sedunia di kamar doang ga liat matahari dan besok-besoknya setiap hari gw sempetin makan ice cream dan pas seminggu hari dimana balik lagi kedokternya bengkak gw udah kempes.

Terus jaitan aku dibuka dan rasanya kaya enak banget walaupun perih karena aku timbul sariawan dibagian belakang deket jaitannya. dan setelah itu si dokter belum bahas untuk operasi gigi lainnya karena belum terlalu parah, kalau nanti ada keluhan lagi baru ditindak lanjutin. Total sampai sembuh bisa makan sampai normal sih sekitar 8 harian untuk aku tapi pas kakak aku dia sendiri malah 3 harian aja udah makan kaya normal jadi beda-beda ya tiap orang:). oh iya pas ngeliat harga operasinya agak bikin shock ya untung aja masih dicover ansuransi :').
btw ini aku cerita sesuai pengalaman aja ya bisa jadi yang aku rasain ga semua orang rasain juga dan tentang gigi geraham ini juga hasil baca-baca dari internet, kalau ada kesalahan maaf dan bisa dikasih tau biar kita paham juga!



much love,
 XOXO

                                                                                                                                                  Sifa❤


You May Also Like

0 komentar