#LiveAtHome Me, Quarantine Days & Plants

by - Juni 23, 2020

Siapa yang udah dirumah hampir 5 bulan? SAYAAAAA!! Siapa yang udah bikin year plan 2020 tapi gagal dan ketunda semua gara-gara Covid-19? SAYAAAA!! Siapa yang pikiran dan moodnya naik turun ga karuan dan rasanya kaya naik rollercoster tiap hari? SAYAAAA!!!! Siapa yang makin stress liat cafe deket rumah udah ramai orang nongkrong? SAYAAAA!!

 
SUMBER

        Kemarin gw iseng ngitungin udah berapa lama gw dirumah aja dan kaget ternyata udah mau 5 bulan gw rumah haha. Tapi gw ga sepenuhnya di rumah aja sih, masih keluar untuk belanja groceries dan kebutuhan pokoknya lainnya sisanya masih usahain untuk online dan virtual dan kebetulan juga gw masih dirumah aja belum ada aktivitas di luar rumah. Gw pribadi pas tau disuruh dirumah aja, jujur awalnya kaya biasa aja karena gw emang anaknya betahan dirumah dibanding diluar. Lalu ada imbauan disuruh pake masker setiap keluar, dan gwpun biasa aja karena sebelum Covid-19 gw kalo kemana-mana selalu pakai masker karna Jakarta panas dan polusinya bukan main.

      Tapi dari imbauan-imbauan ini, ga sedikit temen-temen gw bahkan keluarga gw sendiri ga terbiasa dengan keadaan ini, but no one are used to to the current situation right? Kalau gw pribadi lebih kearah kecewa karna covid-19 ini semua rencana yang gw buat mesti tertunda dan bahkan gagal. Rencana abis sidang, rencana mau liburan, wisuda, dan lain-lainnya. Selain itu ada satu hal yang bikin gw risih dengan keadaan ini yaitu uncertain. Karena situasi seperti ini jadi makin jelas statement “Hidup itu serangkaian ketidakpastian”. Kondisi saat ini bikin “Uncertain” ini makin erat dikehidupan kita. Anxiety, insecure, and fear terus absen dalam hidup kita dalam jangka waktu lebih sering tanpa gw sadari. Mau nyalahin keadaan? No, egois itu namanya. Lalu saat itu gw nonton live teh Keke dan nyokapnya dan mereka bilang “Uncertain is the opportunity”, mereka juga bilang di sesi live saat itu “Ketidakpastian make us realize ada sesuatu yang tidak tumbuh saat ini tumbuh, yang selama ini tidak tumbuh jadi hidup”. Dari statement mereka, mata gw seakan terbuka lebar dan hati gw lega seketika. Intinya gw memasuki tahap menerima dari situasi ini.

         Ketika dipertengahan psbb, lebih tepatnya awal puasa bokap masuk rumah sakit karena penyakitnya kambuh dan well kacau (even right now I can’t described that situation in well). Lebih kacau lagi pas bokap harus di rumah sakit sendiri ga boleh ditemenin atau dijenguk dan situasi lagi panas-panasnya. All we did are nonstop praying and crying, lol. Tapi dari kejadian ini gw malah nemu hobi baru yang sebenernya udah gw sering lakuin tapi ga rutin yaitu ngurusin tanaman! Suatu hari, disaat bokap masuk rs dan gatau mau ngapain tiba-tiba gw nengok keluar kamar dan iya panas terus liat tanaman yang biasa bokap gw siram sore-sore dan gw sadar udah ga ada yang ngurusin. Lalu sore itu gw langsung ambil selang dan nyiram, surprisingly gw merasa healing, pikiran gw rasanya kaya disiram juga, dan adem. Dan mulai dari situ gw jadi rutin ngerawat sampai akhirnya bokap sembuh dan pulang kerumah. Tanaman pertama yang gw urus sendiri dan liat perkembangannya itu sirih gading dengan media air. Cepet banget tumbuh tunas baru dan ga rewel. Dan ini adalah sirih gading gw saat ini udah lumayan rimbun haha tapi gw masih ga mau mindahin dia ke tanah karena kadang ini dimasukin ke kamar biar enak liat yang ijo-ijo dikamar haha.



       Setelah itu gw mulai ngide mau berkebun. Dulu pernah coba nanem cabe dan gagal hahaha. Benih udah jadi bibit tapi stagnan ajaa karena sudah mau sebulan tetep ga ada perubahan dan media tanah gw sepertinya terlalu kering jadi bye. Tapi gw ga menyerah haha akhirnya gw racik media tanam sendiri ngekutin tips kebun kumara dan nanem bunga matahari, timun, bayam, dan kangkung. Bunga mataharinya gagal hahahaha sepertinya benih kurang fresh karena hibahan dari tetangga dan udah kebuka segelnya haha dan timun, bayam dan kangkung tumbuh!!! Trio ini emang paling cocok buat pemula karena cepet banget tumbuhnya apalagi kangkung. Timun gw terus grow up berubah dari daunnya biasa ke daun gerigi dan makin tinggi haha, begitupula kangkung dan bayam. Tapi sayang ketika lagi tumbuh-tumbuhnya kucing liar dirumah gw ngancurin semua itu dan secara ga langsung ngancurin harapan gw HAHAHAH. Dari situ sampai sekarang gw belum megang lagi karena kecewa dan ngakalin dulu buat nanem di beda tempat biar ga dijauhin dari kucing ataupun tikus. Tapi ini adalah foto yang sempat diabadikan karena bangga haha tapi yang difoto cuma timun dan cabai sisanya ga sempet difoto udah ancur duluan. 



Si cantik Timunku :')

       Buat ngilangin kecewa gw karena masalah diatas, gw iseng plants mail di e-commerce. Jujur deg-degan banget takut rusak atau mati dijalan cuma gimana lagii gw ngebet banget tapi kondisi lagi gini dan disekitaran rumah gw variasi taneman yang dijual rata-rata udah ada dirumah yang gw cari ga ada. Dan pas nyampe yaampun gemesss, senengggg!!!!!!! lalu tibalah moment dimana gw relate dengan doodle ini:

SUMBER


Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit :) HAHAHA i need to stop buy plants

      Banyak temen-temen gw yang nanya kenapa jadi suka ngurusin tanaman? haha awalnya aneh pas ditanya kaya gitu karena gatau kenapa alasannya karena tiba-tiba ngurusin tanaman jadi rutinitas harian. Tapi akhirnya nemu alesan yang pas yaitu dengan ngerawat tanaman gw merasa adem dan tenang. Karena setiap gw mau ngurusin taneman pasti gw excited dan ada aja yang dikerjain dan gw merasakan suatu aliran yang ga bisa gw deskipsikan haha aliran itu bikin gw fresh, adem, tenang dan terpenting bikin pikiran gw yang runyam jadi tenang sedikit dan itu datengnya dari tanaman. Mungkin karena gw sering megang daunnya atau nyebar benih, ajak ngomong, nyiram lalu motongin daun yang layu, ngeracik media tanam, ganti media tanam, kasih cangkang telur ke media tanam, nyiram pupuk, nyiram vitamin, liat ada tunas baru, liat akar baru, ngelapin tiap daun biar glowing dan lain-lainnya haha. Hal-hal seperti itu mungkin kalau dijelasin ke orang yang ga into tanaman bisa dibilang freak sama diketawain tapi buat gw pribadi hal-hal itu bisa nyenengin gw. Rasanya kaya ngurusin anak haha, diliat progressnya tiap hari dikasih perawatan biar bisa tumbuh. Pokoknya seneng, mungkin rasanya sama juga kaya yang melihara hewan dirumah. 

        Selain itu dari hobi ini gw jadi aware hal-hal kecil. Dulu gw kalo nyuci beras yaudaah dibuang aja bekas airnya eh sekarang disimpen buat jadi pupuk tanaman, selain itu kalo abis masak telor ga dibuang malah disimpan buat jadi pupuk juga, dan tiap abis minum kopi atau susu jadi ngedaur ulang packagingnya untuk jadi tempat nanem baru hahaha dan yang bikin amaze buat gw sendiri yaitu gw jadi aware banget sama tanaman-tanaman yang ada dirumah sepupu gw ataupun yang gw temuin dijalanan HAHAHAH. 
Pokoknya tanaman bener-bener bikin gw merasa tenang dan jadi tempat "kabur" serta me time selama quarantines ini. 

Kalau kata Ayudia pas live dengan Kebun Kumaran "Berkebun membuat aku fokus sama tanaman dan diriku. Kalau lagi nyiram, mindah tanaman dan nyiapin tanah aku kaya zen dan fokus. Kaya meditasi persis. Mau apapun yang terjadi aku fokus sama hal itu". 

        Banyak hal-hal yang dilakuin temen-temen gw selama quarantines dan termasuk gw.  Ada yang masak-masak, nonton kdrama/series, bikin tiktok challenge, rebahan, dan lain-lain. Intinya kita sama-sama mencoba untuk tetap sane dan sadar dibawah tekanan dan keadaan uncertain ini,as long as the things you do are positive do it girls! We can do it! We can go through of this! Semoga kita bisa sehat-sehat selalu dan dan badai ini bisa secepatnya berlalu dan kembali beraktivitas seperti biasanya~~ 



Much love,
XoXo
Sifa 💛


You May Also Like

0 komentar